Sabtu, 31 Oktober 2009

PROTISTA 1

PROTISTA MENYERUPAI JAMUR

Protista ini mempunyai fase bergerak seperti amoeba, tetapi cara reproduksinya mirip jamur. Organisme ini tidak berklorofil.Protista mirip jamur contohnya adalah jamur lendir (Mycomycota) dan jamur air (Oomycota).

1. Subdivisi Mycomicotina [video]


Merupakan jamur lendir pada fase vegetatif berupa massa protoplasma seperti lendir dan dapat bergerak. Habitatnya terdapat tempat yang lembab, daun-daun gugur / runtuh. Siklus hidupnya memalui beberapa tahap, yaitu tahap pertama dengan massa lendir yang disebut fase Plasmodium, tahap kedua terbentuk sporangium menjadi spora, dan tahap ketiga dengan pertumbuhan spora menjadi Myxoflagellata dan Myxoamoeba. Contohnya Fuligo varians, Aethalium septicum.


2. Subdivisi Oomycotina [video]

Tubuhnya berbentuk benang atau hifa dan tidak bersekat, bercabang-cabang dan terdapat banyak inti. Habitatnya terdapat di darat, di air dan bersifat sapropit maupun parasit. Reproduksi dengan cara Vegetatif yang hidup di air dengan membentuk zoospora berflagel dua dan di darat membentuk sporangium dan konidium, Generatif dengan cara Oogami. Contohnya Saprolegnia, Phytopthora, phytium debaryanum, plasmora viticola, Saccaromyces cerecisiae.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar